Karya Tulis Ilmiah siswa SMAN 1 Jepara menghasilkan prestasi lagi. Adalah Muhammad Rosyid, siswa kelas 11 IPA4 yang karya tulisnya memenangkan Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 2013 dalam rangka Dies Natalis Farmasi UGM ke-67, Sabtu (19/10) kemarin.

Karya penelitian yang berjudul Pemanfaatan Tanaman Suruhan (Peperomia Pellucida L. Kunth) Sebagai Penurun Kadar Asam Urat Pada Mencit ini berhasil mengalahkan 102 karya tulis lainnya yang dikirimkan oleh peserta dari seluruh Indonesia.

Dari proses penilaian, Rosyid memperoleh skor tertinggi sebanyak 239 dan berhak maju ke tahap presentasi yang digelar di Ruang Sidang Lantai 1 Unit I Farmasi UGM Yogyakarta.

Penilaian akhir merupakan akumulasi dari penilaian Karya Tulis Ilmiah sebanyak 70 persen dan penilaian Presentasi 30 persen.

Dalam penilaiaian akhir itu, Rosyid berhasil meraih Juara 1 mengalahkan 2 finalis lainnya dari SMA 3 Denpasar dan SMA Kristen Petra 1 Surabaya.

Hal yang menjadi pertimbangan juri saat menetapkan juara adalah karena karya tulis merupakan hasil penelitian. Jika diaplikasikan, hasil penelitian akan bermanfaat bagi banyak orang, berbiaya murah dan dapat dilakukan oleh semua orang.

Selamat, Kak Rosyid :)