Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2014/2015 jenjang SMA di Kabupaten Jepara dilakukan secara online di bawah koordinasi Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten. SMAN 1 Jepara sendiri tetap memfasilitasi pendaftar melalui layanan pendaftaran online di sekolah.

Saat membuka rapat panitia PPDB, Rabu (4/6), Kepala SMAN 1 Jepara Edi Prayitno menyampaikan bahwa sekolahnya akan menerima calon peserta didik baru sebanyak 340 anak yang akan diumumkan tanggal 3 Juli 2014.
 
Syarat untuk mendaftar di antaranya adalah calon peserta didik telah lulus SMP/MTs, usia setinggi-tingginya 21 tahun dan melampirkan fotokopi bukti prestasi bidang akademik, olahraga, kesenian atau keterampilan yang telah dilegalisir serta bidang lainnya bagi yang memiliki.
 
Proses seleksi akan dilakukan berdasarkan peringkat Nilai Ujian Nasional SMP/MTs dan memiliki STL/SKHUN, dengan mempertimbangkan bakat olahraga, seni, prestasi bidang akademik, pengetahuan dan teknologi atau bidang lainnya.
 
Ketentuan penilaian akan didasarkan pada Nilai Akhir (NA) yang  dihasilkan dari 2 kali Rata-rata Nilai (A) ditambah dengan Bonus Prestasi (B) atau menggunakan formula NA=2A+B.
 
Bobot bonus prestasi di bidang akademik, olahraga, kesenian di tingkat kabupaten hingga internasional, baik perorangan maupun kelompok akan mengggunakan aturan yang telah ditetapkan.
 
Calon peserta didik yang mendapatkan Juara 1 sampai 3 tingkat Internasional diterima langsung di sekolah yang dipilih dengan tetap mempertimbangkan kemampuan anak.

Hal yang sama juga berlaku bagi peraih juara 1 tingkat nasional. Sedangkan juara 2 dan 3 diberikan poin masing-masing 2.75 dan 2.50.

Juara 1, 2 dan 3 tingkat Propinsi akan diberi bobot poin masing-masing 2.25,  2.00 dan 1.75.

Sedangkan juara 1, 2 dan 3 tingkat Kabupaten masing-masing akan mendapatkan poin 1.50, 1.25 dan 1.00.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui situs www.jepara.siap-ppdb.com tanggal 23 hingga 28 Juni 2014. Pendaftaran juga dapat dilakukan di SMAN 1 Jepara melalui bantuan layanan pendaftaran PPDB yang sudah disediakan.

Pendaftar Harus Verifikasi

Setelah proses pendaftaran, pendaftar diharuskan mencetak Tanda Bukti Pendaftaran dan hadir di sekolah untuk melakukan verifikasi pendaftaran dengan membawa kelengkapan berkas, diantaranya Surat Keterangan Nilai Ujian Nasional (SKHUN) asli dari sekolah asal atau SKHUN sementara, fotokopi rapor semester 1 sampai semester 6 yang telah dilegalisir dan 3 lembar pasfoto berwarna terbaru ukuran 3x4.

Selain itu, pendaftar juga dapat melampirkan fotokopi (legalisir) bukti prestasi bidang akademik, olahraga, kesenian, keterampilan atau bidang lainnya bagi yang memiliki.

Biaya pendaftaran PPDB ditetapkan sebesar 25 ribu. Bagi pendaftar tidak mampu, tidak dipungut biaya dengan syarat menunjukkan kartu Gakin, BLT atau Surat keterangan tidak mampu dari Kelurahan/Desa yang diketahui oleh Kecamatan.

Setelah proses verifikasi, pendaftar akan menerima Tanda Bukti Verifikasi Pendaftaran. Tanda bukti ini akan digunakan untuk proses daftar ulang jika pendaftar diterima pada sekolah pilihannya. Tanda bukti ini juga harus disertakan saat mengambil berkas dokumen apabila pendaftar tidak diterima.

Pendaftar Luar Jepara

Khusus bagi pendaftar yang berasal dari luar Kabupaten Jepara atau lulusan sebelum Tahun Pelajaran 2012/2013 harus melapor ke Panitia PPDB Kabupaten di Subag Renval Dinas Dikpora untuk mendapatkan PIN sebagai dasar pendaftaran.

Analisis dan Penyusunan Peringkat penentuan peserta didik baru akan dilaksanakan tanggal 30 Juni 2014.

Pendaftaran Ulang bagi peserta didik yang diterima tanggal 10 dan 11 Juli 2014. Sedangkan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) akan dilaksanakan tanggal 14 dan 15 Juli 2014.

Peminatan, atau yang sebelumnya dikenal dengan penjurusan, akan ditentukan melalui seleksi Tes Psikologi yang dilaksanakan tanggal 12 Juli 2014. Penentuan peminatan juga mempertimbangkan nilai rapor, nilai UN serta minat peserta didik.

Hari pertama Tahun Pelajaran 2014/2015 akan dimulai tanggal 16 Juli 2014.