Tim Karya Ilmiah Remaja SMAN 1 Jepara meraih Juara 1 Lomba Karya Ilmiah Inovatif (LKII) Tahun 2011 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia di Kura kura Ocean Park Jepara, Jum'at (29/7). Tim yang terdiri dari Ivana Aprilia, Rage Taufika dan Mitsaq Addina Nisa ini berhasil menyingkirkan 4 nominator lainnya yang lolos seleksi dari total 21 judul karya ilmiah yang telah diajukan ke Dewan Riset Daerah Kabupaten Jepara sebelumnya.

Dengan mengusung judul "Potensi Mikroalga Spirulina Platensis sebagai Antikanker dengan Uji Brine Shrimp Lethality Test (BSLT)", tim menyampaikan presentasi karya mereka di depan para juri yang terdiri dari staf pengajar Universitas Diponegoro, staf ahli dari lingkungan Pemkab Jepara dan tokoh masyarakat setempat. Saat memberikan tanggapannya, salah seorang juri menilai tema Antikanker yang dibawakan tim tergolong berat untuk ukuran SMA. Meski demikian, ia mengapresiasi keberhasilan tim dalam mempertahankan argumen-argumen yang telah mereka tulis. Menanggapi hal tersebut, Ivana, salah seorang anggota tim menjawab diplomatis, "Itulah aplikasi dari menuntut ilmu hingga setinggi langit."

LKII yang dibuka secara resmi oleh Bupati Jepara Jum'at pagi ini merupakan rangkaian acara "Science For All" yang telah berlangsung sejak 1 hari sebelumnya. Selain SMAN 1 Jepara yang meraih Juara 1, juara sesudahnya diraih oleh SMKN 1 Jepara, SMKN 1 Kedung Jepara, SMAN 1 Pecangaan Jepara dan SMK Muhammadiyah Jepara. Dengan hasil ini, Tim dari SMAN 1 Jepara berhak membawa pulang 1 buah Notebook Lenovo dan uang pembinaan 1 Juta Rupiah.

Selain LKII juga diselenggarakan Lomba Pembuatan Roket Air yang dilaksanakan di Lapangan Terbuka Pantai Kartini Jepara. Lomba terakhir ini diikuti lebih dari 100 peserta tingkat SLTP dan SLTA di lingkungan Kabupaten Jepara.

{jcomments on}