Hari ini, Sabtu (12/10) SMAN 1 Jepara mengadakan Rapat Pleno Komite yang mengundang seluruh orang tua/wali murid kelas XI dan XII. Bertempat di Aula sekolah setempat, rapat yang dihadiri 295 undangan ini dibuka pukul 10.30 WIB.


Kepala SMAN 1 Jepara Edi Prayitno dalam sambutannya menyampaikan tentang perubahan struktur manajemen organisasi sekolah dan laporan pendidikan Tahun Pelajaran 2012/2013.  Selain itu, Ia juga memaparkan hasil prestasi yang diperoleh siswa melalui kejuaraan akademik maupun non akademik.

Dalam acara itu juga disampaikan Laporan Pertanggung Jawaban Pelaksanaan Program Komite Sekolah Tahun Pelajaran 2012/2013 oleh Penasehat Komite Sekolah  H. Bambang Santoso. Bambang yang mewakili Ketua Komite Anwar Haryono yang berhalangan hadir juga memaparkan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah Tahun Pelajaran 2013/2014.

Usulan Orang Tua
Acara yang berlangsung hingga pukul 12.30 itu juga diwarnai dialog oleh para orang tua yang hadir. Misalnya, usulan agar buku laporan rapat pleno sebaiknya disampaikan kepada orang tua/wali murid 3 hari sebelum pelaksanaan.

Ada juga orang tua yang mempertanyakan mengapa Nilai Ujian Nasional (UN) mengalami penurunan selama 3 tahun terakhir. Orang tua juga meminta agar sekolah mau mengevaluasi dan mencari penyebabnya, apakah penurunan tersebut disebabkan oleh guru yang kurang kompeten ataukah karena soal-soal UN yang susah.

Guru yang bagus dalam mengajar juga diusulkan untuk diberi reward oleh sekolah  agar guru tersebut lebih termotivasi.

Tentang jumlah sumbangan yang diusulkan oleh sekolah, kebanyakan orang tua menilai masih dalam batas wajar dan relatif sama dengan sekolah-sekolah yang lain.

Orang tua juga memberi masukan agar alumni lebih banyak diberdayakan dalam perencanaan pembangunan sarana dan prasarana. Hal tersebut misalnya dapat dilakukan dengan menggandeng pengusaha-pengusaha mebel atau pimpinan perusahaan besar yang ada di Kabupaten Jepara ini.

Rapat Komite ditutup dengan reorganisasi pengurus komite sekolah periode 2013-2017 melalui tim formatur yang dipimpin oleh H. Bambang Santoso.

Berikut beberapa keputusan yang dihasilkan dalam Rapat Pleno tersebut. Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) untuk kelas X, XI dan XII bulan Juli hingga Desember 2013 adalah sebesar Rp. 200.000. Sedangkan SPP bulan Januari hingga Juni 2014 diturunkan menjadi Rp. 150.000.

Uang Pembangunan untuk siswa kelas X sebesar Rp. 2.000.000 yang dapat dibayarkan 4 kali mulai bulan Oktober 2013. hingga Januari 2014. Sedangkan untuk kelas XI dan XII masing-masing diputuskan sebesar 800 ribu dan 700 ribu dan dapat dibayarkan mulai November 2013 hingga Januari 2014.

Waka dan Staf Baru
Hasil Pemilihan Wakil Kepala Sekolah yang dilaksanakan tanggal 25 September lalu juga mengubah struktur manajemen organisasi di  SMAN 1 Jepara. Berikut struktur lengkapnya.

Wakil Kepala Urusan Kurikulum dijabat oleh Ida Widiyastuti, M.Pd dengan dibantu M. Elfin Noor, S.Kom sebagai Staf Pengembang Kegiatan dan Manajemen Kurikulum, Vika Fitrianasari, S.Pd., M.Si sebagai Staf Pengembang Administrasi dan Evaluasi KBM dan Soepraptono, M.Pd sebagai Staf Pengembang Administrasi Internal dan Eksternal.

Drs. Busri Ismail yang diberi mandat sebagai Wakil Kepala Urusan Kesiswaan dibantu oleh 3 stafnya masing-masing H. Abdul Haris, S.Pd sebagai Staf Bidang Internal, Lilin Okta Melyanti, S.Kom sebagai Staf Bidang Administrasi Ekstrakurikuler dan Yarmo, S.Pd sebagai Staf Bidang Eksternal.

Drs. Bambang Sukrohadi mendapat tugas sebagai Wakil Kepala Urusan Hubungan Masyarakat dengan dibantu oleh Drs. Sumarlan sebagai Staf Bidang Hubungan Masyarakat dan Nur Rohmah, S.Pd sebagai Staf Bidang Kesra.

Sedangkan Wakil Kepala Urusan Sarana dan Prasarana dipegang oleh Noor Efendi, S.Pd dan dibantu oleh Haryono, S.Pd sebagai Staf Bidang Sarana dan Prasarana.