Sebanyak 2 ton beras zakat fitrah akan disalurkan oleh Panitia Amil Zakat Remaja Masjid Al-Wahyu SMAN 1 Jepara menjelang Idul Fitri 1434 Hijriyah tahun ini. Jumlah tersebut dihimpun dari para muzakki (orang yang mengeluarkan zakat) yang berasal dari murid dan guru di sekolah yang sama.


Rencanananya, panitia akan menyalurkannya ke mustahiq (orang yang berhak menerima zakat) yang tersebar di 11 kelurahan dan 8 yayasan sosial di area Jepara kota melalui perwakilan mereka masing-masing.

Menurut Ketua Panitia M. Bahrun Alim, pihaknya akan menyalurkan seluruh zakat fitrah itu besok pagi (6/8) menggunakan kendaraan bak terbuka. Tiap kelurahan dan yayasan sosial rata-rata akan mendapatkan 2 karung beras atau 20 plastik beras.

"Ada beberapa perwakilan yang telah mengambilnya langsung hari ini," kata Bahrun didampingi wakilnya, Sella Apriliani, di sela-sela kesibukan panitia menyiapkan distribusi beras hari ini (5/8) di Masjid sekolah setempat.

Pembina Remaja Masjid Yusuf Nur Efendi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memupuk kepedulian sosial siswa terhadap orang-orang yang membutuhkan. Di samping itu untuk menyiapkan mereka saat terjun ke masyarakat nanti.

Kegiatan pembagian zakat fitrah ini rutin diadakan tiap tahun pada bulan Ramadhan. Di samping kegiatan rutin lainnya seperti Tarawih bersama tiap malam, tadarus dan Peringatan Nuzulul Qur'an.