1 Agustus 2013 kemarin SMAN 1 Jepara tepat berusia 50 tahun. Tidak ada perayaan khusus yang diselenggarakan di lingkungan sekolah pada hari itu untuk memperingati ulang tahun emasnya. Kebetulan kemarin merupakan hari pertama liburan sekolah menjelang lebaran tahun ini.


Tidak ada perayaan fisik di sekolah bukan berarti tidak ada keramaian di tempat lain. Sejak Kamis dini hari kemarin, ucapan selamat atas usianya yang ke-50 membanjiri konten di jejaring sosial. Bahkan di Twitter, ribuan cuit membanjiri linimasa melalui tagar #50thsmansara.

Isi cuit awalnya berisi tentang ucapan selamat ulang tahun dan harapannya terhadap SMAN 1 Jepara. Namun menjelang siang, topik yang dibicarakan mulai bervariasi. Ada yang menuliskan kesan-kesannya saat mengikuti pelajaran di kelas, pengalaman-pengalaman organisasinya, guru-guru favorit hingga suka duka masa remajanya.

Cuit selamat ulang tahun pertama kali terlihat pada pukul 00.04 di awal 1 Agustus 2013 melalui akun @kikinkitara. Ia menuliskan "Happy birthday my beloved @InfoSmansara keep the first and the best".

Setelah itu cuit-cuit seperti mengalir tanpa henti hingga malam harinya.

Tengoklah cuit Vina Fahlevi yang memiliki akun ‏@arvinaKS ini. Ia menuliskan kesan tak terlupakan saat diajar guru Bahasa Inggrisnya.

"Sempet degdegan waktu maju translate b.inggris karna takut dimarahi mam narti :3 hihi #50thsmansara".

Atau kesan tentang murid laki-laki terhadap guru perempuan favoritnya. Salah satunya melalui akun @elsasidiq yang menuliskan "Ketemu sama guru idaman semua laki2 di seluruh jagad smansara *sebut saja Mam Lilin* #50thsmansara".

Ada juga alumni yang turut meramaikan tagar #50thsmansara ini. Salah satunya ditulis oleh Ninok Eyiz melalui akunnya, @EyizIbra. Alumni sekaligus guru di sekolah yang sama ini menuliskan "Ketemu sahabat2 yang jadi saudara sampai tua di smansara. #Tertandaalumni :)) #50thsmansara @isseyyessi @vitasari @liringwiduri @haritsa_hanifa".

Spontanitas merayakan ulang tahun ke-50 di Twitter juga banyak terlihat di linimasa kemarin. Misalnya twit dari Ayu Dinda P, alumni yang baru saja diterima di salah satu PTN di Semarang. Melalui akunnya, @Dinda_P, ia menuliskan "walaupun g bisa jadi TTI kami bs meramaikan hari jadi SMA ke-50 secara bersama-sama di Twitter:) Cuma Smansara yang bisa gini #50thsmansara".

Ada banyak cuit yang dapat membuat tersenyum orang yang membacanya. Lihat saja cuit jahil dari @magdakristan ini, "Dari kelas 10 sampai lulus, orangtua saya taunya SPPnya 250.000 bukan 225.000 wkwkwk #50thsmansara".

Kena Suspend 3 Kali

Banjirnya cuit di tagar #50thsmansara kemarin juga membuat akun Twitter resmi SMAN 1 Jepara @Infosmansara mengalami suspend hingga 3 kali. Akun yang awalnya memoderasi tagar tersebut memang banyak me-retweet cuit-cuit yang ada di tab mention dan tagar #50thsmansara.

Akibatnya, akun @Infosmansara untuk beberapa jam tidak dapat digunakan untuk menuliskan cuit atau sekedar memberi tanda favorit.

Selamat ulang tahun ke-50 SMAN 1 Jepara, semoga tetap jadi kebanggaan Indonesia:)