Afrizal Luthfi Anggara, siswa SMAN 1 Jepara, akan mewakili Indonesia mengikuti ajang APEC Future Scientist Conference (AFSC) 2013 yang berlangsung di Korea Selatan, 22-26 Juli mendatang. Ia akan mempresentasikan hasil penelitiannya tentang Alga sebagai Bioethanol untuk bahan adisi bensin yang hemat dan ramah lingkungan.


Pemilihan penelitian dengan judul asli Bioethanol from Microalgae Skeletonema Costatum as Additive Substance for Gasoline ini berangkat dari latar belakang potensi Indonesia sebagai negara kelautan yang memiliki banyak Alga namun kurang tereksplorasi dengan baik. Sementara, kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi seringkali menimbulkan banyak pertentangan dan penolakan dari masyarakat.

Dengan menggunakan percampuran Bioethanol dengan Gasoline atau lebih dikenal dengan Biogasoline ini, kendaraan bermotor dapat menempuh jarak hingga 29 km. Lebih hemat dibandingkan saat menggunakan gasoline yang jarak tempuhnya hanya 25 km.

AFSC 2013 sendiri merupakan ajang kompetisi ilmuwan muda Internasional yang diikuti oleh peserta dari 17 negara yaitu Amerika Serikat, China, Jepang, Hongkong, Korea Selatan, Australia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam, Selandia Baru, Taipei, Swedia, India dan Indonesia.

Ditemui saat berpamitan dengan guru-guru di sekolahnya, Jum'at (19/7), ia berharap dapat memberikan yang terbaik di sana, sehingga dapat mengharumkan nama Indonesia, khususnya SMAN 1 Jepara.

"Semoga juga dapat membawa pulang medali emas", ujarnya penuh yakin.

Sukses ya, Luthfi :)