Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2013/2014 di Jawa Tengah akan dilaksanakan serentak 1 hari setelah pengumuman kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan di bawahnya. Untuk tingkat SMA sendiri akan dilaksanakan setelah pengumuman kelulusan SMP/MTs  tanggal 1 Juni 2013.

Pengumuman calon peserta didik baru yang diterima dilaksanakan tanggal 3 Juli 2013.

Sesuai dengan edaran yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, seleksi calon peserta didik baru kelas X SMA akan didasarkan data SKHUN, nilai rapor, hasil tes akademik seleksi PPDB, data bakat olahraga, bakat seni, prestasi di bidang akademik dan prestasi lain yang diakui sekolah dan usia calon peserta didik baru.

Rencana pemberlakuan Kurikulum 2013 juga akan membuat proses PPDB mendatang berbeda dengan penyelenggaran tahun-tahun sebelumnya.

Misalnya, proses peminatan siswa, yang mirip dengan penjurusan, akan dilakukan sejak kelas X semester pertama.

Hal ini menuntut satuan pendidikan lebih proaktif melakukan sosialisasi dan penelusuran potensi akademik dan non akademik pada tingkatan sekolah sebelumnya. Yang perlu diperhatikan dalam proses peminatan ini adalah kemampuan peserta didik dan kapasitas sekolah seperti sarana prasarana, sumber daya manusia dan penunjang lainnya.