Sebanyak 70 pelajar SMAN 1 Jepara mengikuti workshop membuat konten video kreatif positif di Youtube dalam Vlogoes2school 2018 di Ruang Multimedia SMAN 1 Jepara, Minggu (11-2-2018). Kreator Youtube 23DamnOld dihadirkan sebagai narasumber sekaligus mentor di acara tersebut.

Menurut Ketua Panitia Inge Juliana, Vlogoes2school 2018 bertujuan mengajak para peserta berperilaku santun di media sosial sekaligus kampanye Be You on Youtube, ajakan untuk menjadi diri sendiri di Youtube dengan mengisi konten kreatif positif sesuai minat dan kemampuan masing-masing.

Pembina ekstrakurikuler jurnalistik daring SMANSARA.com sekaligus penanggung jawab kegiatan Ninok Eyiz Sumianingrum menegaskan bahwa kegiatan ini adalah bentuk tanggung jawab sekolah dalam menerapkan kurikulum yang sesuai zamannya.

“Pelajar zaman now harus mau berperan aktif di era industri kreatif, salah satunya harus mampu membuat konten kreatif positif dan menyebarkannya melalui kanal-kanal di Youtube dan media sosial lainnya,” tegasnya.

Hal tersebut sekaligus dimaksudkan untuk menghindarkan diri sekaligus melawan konten-konten negatif yang berisi hoaks dan ujaran kebencian yang semakin banyak saat ini.

Dua narasumber dari kanal Youtube 23DamnOld, Alvin dan Wayan, dalam paparannya banyak memberikan tips-tips cara membuat konten mulai menyiapkan topik, skrip, peralatan, produksi, hingga menganalisis konten melalui aplikasi Youtube Studio.

“Menjadi sedikit lebih beda itu lebih baik daripada sedikit lebih baik,” pesan Alvin mengutip kreator konten Pandji Pragiwaksono, agar konten yang dibuat itu lebih mementingkan keaslian ide dibanding kualitas video yang lebih baik tetapi banyak kemiripan dengan konten-konten orang lain yang sudah populer sebelumnya.

Di akhir acara, peserta yang dibagi dalam beberapa kelompok menampilkan video-video pendek yang telah mereka buat usai jeda istirahat.