Puncak Ulang Tahun ke-54 SMAN 1 Jepara, Pensi Gekaes ke-21, dimeriahkan grup musik D’Masiv, Senin (11-9-2017) di lapangan sekolah setempat. Grup yang digawangi Rian, Wahyu, Dwikky, Rama, dan Ray ini membawakan 10 lagu sejak pukul dua siang selama satu jam lebih.

Selain karena banyak lagu-lagunya yang populer, keputusan panitia mengundang D’Masiv juga mempertimbangkan usulan grup musik Geisha, yang tahun lalu tampil di acara yang sama. Kepala SMAN 1 Jepara Udik Agus Dwi Wahyudi dalam satu lagu duet mereka mengajak para penonton untuk meneladani semangat dan kreativitas grup musik yang memulai karir dari festival ke festival ini.

Lagu-lagu yang dibawakan sebagian besar berasal dari permintaan panitia, termasuk lagu Merindukanmu.

Saat lagu tersebut dinyanyikan sang vokalis bersama kepala sekolah, flyer raksasa yang menampilkan wajah Mbah Di, penjaga sekolah yang meninggal dunia Juni lalu, terpampang di kedua sisi panggung, sehingga menambah emosi haru seluruh penonton. Panitia sengaja menyiapkan momen spesial di lagu ini untuk mengenang almarhum.

Sebelum D’Masiv, pensi yang dimulai pukul 7 pagi diisi para penampil dari perwakilan kelas, pemenang Liga Band, parade ekstrakurikuler, drama musikal, flashmob, hingga drama guru dan karyawan. Usai tampil, D’Masiv menghadiri acara Meet and Greet bersama guru, karyawan, penggiat ekskul dan para sponsor pensi.

Gekaes merupakan pentas seni rutin setahun sekali yang diselenggarakan untuk memeriahkan ulang tahun sekolah. Selain D’Masiv dan Geisha, grup musik Tipe-X, Vierratale, Tipe-X, hingga Sheila on 7 juga pernah tampil dalam pensi sebelumnya.