Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN 1 Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018 dilaksanakan 11 hingga 14 Juni 2017. Pendaftaran dilakukan daring secara mandiri ataupun melalui bantuan petugas di sekolah.

Mengacu Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Tengah Nomor 9/2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Jawa Tengah, seleksi pada SMA menggunakan rayonisasi dengan menunjukkan Kartu Keluarga (KK) dengan masa terbit paling sedikit enam bulan sebelum waktu pendaftaran. Peserta didik dalam rayon mendapat kuota terbanyak, yaitu minimal 50 persen dari daya tampung. Sedangkan peserta didik dalam kabupaten mendapat kuota maksimal 40 persen dari daya tampung.

Sisa kuota maksimal tujuh persen dan tiga persen disediakan bagi peserta didik dari luar kabupaten dan luar provinsi.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, seleksi peminatan dilakukan langsung pada tahapan pendaftaran PPDB kali ini dengan mempertimbangkan nilai Ujian Nasional pada mata pelajaran tertentu.

Untuk yang memilih peminatan MIPA, nilai mapel IPA dan Matematika diberi bobot dua poin. Peminatan IPS mempertimbangkan mapel Matematika dan Bahasa Indonesia dengan bobot dua poin. Sedangkan peminatan Bahasa dan Budata memberikan bobot dua poin pada mapel Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Alur pendaftaran setelah mengisi formulir pendaftaran secara daring di ppdb.jatengprov.go.id, calon peserta didik harus melakukan verifikasi ke sekolah pada tanggal 12 hingga 14 Juni 2017 dengan menyerahkan lembar tanda bukti pendaftaran disertai Ijazah/SHUN, atau Surat Keterangan Lulus (SKL), fotokopi Akte Kelahiran, dan fotokopi KK. Calon peserta didik juga harus menyertakan fotokopi Surat Keterangan Profesi Guru atau Tenaga Kependidikan yang telah dilegalisasi untuk mendapatkan tambahan Nilai Kemaslahatan (NK), dan fotokopi piagam prestasi akademik dan non akademik berjenjang untuk mendapatkan bonus Nilai Prestasi (NP).

Hasil seleksi didasarkan pada Nilai Akhir (NA) yang diformulasikan dari jumlah UN+NP+NK+NL.

Hasil seleksi diumumkan 19 Juni 2017. Sedangkan daftar ulang bagi yang diterima dilakukan tanggal 20 dan 21 Juni 2017.