Kelulusan siswa kelas 12 SMAN 1 Jepara telah diumumkan Selasa (2-5-2017) siang. Seluruh siswa kelas 12 yang berjumlah 386 anak dinyatakan lulus melalui rapat dewan guru yang dilaksanakan pagi harinya.

Dalam rapat penentuan kelulusan, Kepala SMAN 1 Jepara Udik Agus Dwi Wahyudi menyampaikan perolehan nilai Ujian Nasional (UN) tahun ini. Rata-rata nilai UN untuk program Bahasa mencapai 74,06, meningkat dibanding tahun lalu yang hanya 69,52. Demikian juga program MIPA yang mendapat rata-rata 69,62, meningkat dibanding tahun lalu 66,72. Sedangkan rata-rata untuk program IPS 67,82, turun dibanding tahun lalu yang mencapai 69,56. Di tingkat SMA Negeri dan Swasta se-Kabupaten Jepara, SMAN 1 Jepara memperoleh nilai UN tertinggi untuk seluruh program.

“Ini merupakan hasil terbaik dan memuaskan di era UNBK yang baru pertama kali kita ikuti,” tandas Udik.

Terlebih lagi, lanjut Udik, pelaksanaan UNBK tahun ini diawali dengan komitmen bersama untuk menjunjung tinggi kejujuran.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, usai pengumuman kelulusan, seluruh siswa kelas 12 beserta guru dan karyawan merayakannya dengan bersepeda keliling kota. Selain bersepeda, mereka juga membagi-bagikan bingkisan berisi alat tulis kepada sekitar 100 pelajar SDN 2 Jobokuto Jepara.