Upacara peringatan Hari Pramuka ke-55 di SMAN 1 Jepara dilaksanakan Minggu (14/8/2016) pagi di lapangan sekolah. Upacara diikuti seluruh siswa, guru, dan karyawan.

Kepala SMAN 1 Jepara Udik Agus Dwi Wahyudi yang bertindak sebagai pembina upacara meminta seluruh peserta untuk menghayati dan mengamalkan Dasadarma, terutama yang pertama dan terakhir.

Kedua dasadarma tersebut, Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan itu, memiliki nilai yang sangat tinggi dan diharapkan menyertai seluruh aktivitas  akademik maupun non akademik di sekolah.

Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dapat diwujudkan dengan beribadah sesuai agamanya di lingkungan sekolah. Sekolah mendukung kegiatan sholat berjama’ah maupun ibadah sunnah lainnya, meski dilaksanakan pada saat yang bersamaan dengan kegiatan pembelajaran.

“Guru boleh mengajak murid-murid untuk sholat berjama’ah, meski waktu pembelajaran masih efektif,” sambungnya.

Sekolah juga meminta siswa agar melaksanakan sholat Dhuhur sebelum pulang sekolah, karena dikhawatirkan kehabisan waktu sholat disebabkan jarak tempat tinggal yang jauh.