Hari Pertama Sekolah (HPS) di SMAN 1 Jepara dimulai dengan upacara bendera di lapangan sekolah, Senin (18/7/2016). Upacara diikuti seluruh siswa, guru dan tenaga pendidikan.


Kepala SMAN 1 Jepara Udik Agus Dwi Wahyudi yang bertindak sebagai pembina upacara mengingatkan agar siswa mau merefleksi diri untuk meningkatkan kemampuan akademik.

"Prestasi rendah itu boleh, tapi hasil kerja keras sendiri. Jangan pasrah sebelum kerja keras,” kata Udik.

Siswa yang tidak naik kelas diminta memanfaatkan waktu untuk memperbaiki diri.  Menurutnya, tidak naik kelas bukan berarti kiamat, namun hanya masalah waktu kesuksesan yang tertunda.

Dalam upacara tersebut juga dilaksanakan pembukaan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi siswa baru. Pembukaan ditandai dengan penyematan papan nama secara simbolis kepada dua perwakilan siswa baru. PLS berlangsung selama tiga hari hingga Rabu (20/7/2016).

PLS dilaksanakan sesuai Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagian Siswa Baru mulai tahun pelajaran ini. PLS yang menggantikan Masa Orientasi Siswa (MOS) diharapkan dapat menghindari peluang terjadinya perpeloncoan.