Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN 1 Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 kembali dilaksanakan secara daring/online. Sistem daring ini diterapkan pada SMP, SMA, SMK Negeri se-Kabupaten Jepara yang ditetapkan dengan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Jepara.


Dalam sistem daring, calon peserta didik dapat memilih maksimal 2 SMA Negeri. Pendaftaran dimulai 27 Juni hingga 2 Juli 2016.

Calon peserta didik melakukan pendaftaran secara daring melalui laman jepara.siap-ppdb.com, dan mencetak Tanda Bukti Pendaftaran.

Selanjutnya, Tanda Bukti tersebut dibawa ke SMAN 1 Jepara beserta berkas kelengkapan pendaftaran yang terdiri dari SKHUN asli atau surat keterangan tentang Nilai Ujian Nasional (UN) dari sekolah, fotokopi ijazah SMP/MTs, dan pasfoto 3x4 sebanyak 3 lembar untuk proses verifikasi.
 
Calon peserta didik juga harus melampirkan fotokopi Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, dan fotokopi bukti prestasi bidang akademis, olahraga, kesenian, ketrampilan yang telah dilegalisasi, bila memiliki.

Setelah diverifikasi, calon peserta didik akan menerima Tanda Bukti Verifikasi Pendaftaran yang nantinya akan digunakan untuk proses Daftar Ulang jika calon peserta didik diterima.

Tanda bukti ini juga akan digunakan untuk mengambil berkas apabila tidak diterima.

Proses seleksi bagi calon peserta didik jenjang SMA didasarkan pada peringkat Nilai UN SMP/MTs dengan mempertimbangkan bakat olahraga, seni, prestasi bidang akademik, pengetahuan dan teknologi, bidang lainnya, dan usia calon peserta didik.

Nilai akhir seleksi ditetapkan menggunakan rumus A/10x3+B dengan A adalah nilai rata-rata UN dan B bonus prestasi.

Tambahan nilai sebesar 0.25 akan ditambahkan bagi calon peserta didik yang bertempat tinggal dalam satu kecamatan dengan letak sekolah.

Pengumuman hasil seleksi dilaksanakan 11 Juli, sedangkan daftar ulang bagi peserta didik yang diterima tanggal 12 dan 13 Juli 2016.