Tiga pelajar SMAN 1 Jepara berhasil meraih Juara Pertama Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 13-14 Mei 2016 lalu.


Karya mereka yang berjudul "Ujian Nasional (UN) di Antara Regulasinya, Integritas, Percaya Diri, Hasil, dan Prestise" ini dinyatakan unggul dari 15 karya tulis lain oleh dewan juri setelah sebelumnya lolos seleksi dari sebanyak 80 karya tulis yang dikirim peserta se-Indonesia.

Dalam karya tulisnya, ketiga pelajar itu, Asyif Awaludin Romadhoni, M. Bagas Amirul Haq, dan Anang Tri Handoko, memaparkan fakta bahwa ternyata pelaksanaan UN masih diwarnai suasana tegang dan ditakuti para pelajar. Uniknya, sekolah turut berperan sebagai salah satu penyebab sumber ketegangan dan ketakutan tersebut dengan masih diadakannya program-program persiapan UN, seperti pendalaman mapel-mapel UN, Uji Coba UN, hingga doa bersama menjelang UN.

Menurut mereka, UN juga berkaitan dengan dengan integritas dan rasa percaya diri para pelajar, sebab hasil UN masih dianggap akan berakibat ke dua hal, prestise jujur atau lulus seratus persen.

“Yang paling prestise itu jujur seratus persen, tapi juga lolos SNMPTN dan SBMPTN sebanyak-banyaknya,” ujar Asyif.

Pemilihan topik UN ini dilatar belakangi karena mereka baru saja mengikuti UN dan ingin menyampaikan apa yang mereka rasakan selama ini ke banyak pihak. Di samping itu, lomba yang diselenggarakan persis setelah UN itu juga memberikan kesempatan mereka mengisi waktu luang dengan hobi menulis mereka.