SMAN 1 Jepara telah menetapkan kriteria kelulusan bagi peserta didiknya tahun ini melalui Surat Keputusan Kepala SMA Negeri 1 Jepara nomor 421.3/302 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik SMA Negeri 1 Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016.


Dalam surat tersebut disebutkan bahwa peserta didik dinyatakan lulus dari SMA Negeri 1 Jepara setelah memenuhi kriteria menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik, dan lulus Ujian Sekolah (US).

Lulus US didasarkan pada perolehan nilai US paling rendah 75, baik rata-rata nilai keseluruhan maupun nilai pada tiap mata pelajaran yang diujikan.

Menurut Kepala SMAN 1 Jepara Udik Agus Dwi Wahyudi, kriteria kelulusan ini telah sesuai dengan Permendikbud Nomor 57 Tahun 2015 dan disepakati dalam rapat pleno dewan guru tanggal 17 Maret 2016 lalu.

"Ini berbeda dengan kriteria kelulusan tahun lalu yang masih menggunakan pembobotan nilai rapor dan nilai US," kata Udik usai briefing pagi di sekolah, Sabtu (19/3).

Saat ini peserta didik masih menempuh US yang akan berlangsung hingga Selasa (22/3). Setelah ini, mereka akan menempuh Ujian Nasional pada 4 hingga 6 April mendatang.