SMAN 1 Jepara akan lebih mengedepankan kejujuran dalam Ujian Nasional (UN) tahun ini. Meski demikian, sekolah tetap melaksanakan program-program untuk mempersiapkan peserta didik meraih skor UN yang tinggi.


Demikian disampaikan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 1 Jepara Ida Widiyastuti dalam Sosialiasi Ujian Nasional dan SNMPTN 2016 bagi Orang Tua dan Wali Peserta Didik di Ruang Multimedia sekolah setempat, Senin (29/2).

Untuk mencapai tujuan agar bertindak jujur, mental peserta didik perlu disiapkan terlebih dahulu. Di samping itu, guru di sekolah juga harus memberikan kepercayaan kepada peserta didik agar menghindari hal-hal yang yang menjurus pada tindakan kecurangan.

Salah seorang peserta sosialisasi yang hadir menyebutkan tindakan beberapa sekolah yang mengatur tempat duduk peserta UN sebagai bentuk ketidakpercayaan sekolah terhadap peserta didik.

Sosialisasi yang mengundang seluruh orang tua dan wali peserta didik kelas 12 ini diisi dengan paparan mengenai pelaksanaan UN dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016.

Tahun ini merupakan pelaksanaan UN yang menggunakan Kurikulum 2013 bagi sekolah-sekolah yang melaksanakannya, termasuk SMAN 1 Jepara. Sesuai kisi-kisi, soal-soal UN nanti berasal dari materi yang diajarkan di Kurikulum 2013 dan KTSP 2006.