Puncak perayaan HUT ke-52 SMAN 1 Jepara dalam bentuk Pentas Seni Gekaes ke-19 telah digelar pada Selasa (29/9) pagi hingga sore. Acara yang dimulai mulai pukul 7 pagi di lapangan sekolah setempat ini dimeriahkan berbagai aksi panggung yang bervariasi.

Sebanyak seratusan pelajar kelas 11 dan 12 menjadi panitia yang bertanggung jawab kesukesan acara ini. Panitia yang terbentuk sejak awal tahun ini telah melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan kegiatan yang dimulai sejak bulan Mei 2015.

Untuk memperlancar kesuksesan rangkaian acara tersebut, tentu membutuhkan komunikasi yang lancar antar panitia. Kebanyakan orang menggunakan perangkat semacam walkie talkie dalam berkomunikasi. Khusus acara Selasa kemarin, panitia menggunakan Zello.

Zello merupakan aplikasi push-talk berbasis Android, iOS, dan Windows Phone yang dapat menggantikan fungsi walkie-talkie.

"Zello awalnya cuma buat main-main, namun akhirnya malah bermanfaat buat acara-acara kami, terutama Liga Band dan Pensi ini," ungkap Ketua OSIS SMAN 1 Jepara Pandu Laksono Mukti.

Selain pemanfaatan gawai untuk mendukung kesuksesan acara mereka, panitia juga menggunakan beberapa media sosial seperti Twitter, Line, Instagram, dan melibatkan media jurnalistik online yang dikelola siswa demi memberikan informasi yang cepat. Bahkan selama berlangsungnya acara, panitia juga menyediakan live streaming untuk memberikan kesempatan bagi alumni yang tidak dapat hadir langsung.

Meski banyak memanfaatkan kemajuan Teknologi Informasi, panitia tetap memasukkan unsur-unsur tradisional dalam acara mereka. Lihat saja judul Gekaes tahun ini, Karta Amrita, yang diambil dari bahasa Sansekerta yang bermakna karya abadi. Panitia ingin agar Gekaes tahun ini dikenang oleh semua warga SMAN 1 Jepara dan alumni.

"Gekaes itu dari kita, untuk kita, dan oleh kita. Abadi,” ujar Pandu.

Uniknya, bintang tamu Pensi kali ini, Sheila On 7, justru bukan dari kalangan usia mereka. Meski album terakhir dirilis tahun kemarin, namun popularitas mereka dimulai sejak tahun 1999, saat panitia sekarang ini baru saja lahir atau berusia 1 tahun. Panitia memiliki alasan tersendiri soal bintang tamu ini.

"Lagu-lagunya everlasting, sesuai dengan tema. Kami ingin setiap orang yang datang di Pensi ini akan mengingat masa lalunya dan bernostalgia," lanjut Pandu.

Iya, semuanya pasti akan mengenang karya kalian :)