Upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia berlangsung di lapangan SMAN 1 Jepara, Senin pagi (17/8).


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan dalam pidatonya yang dibacakan Pembina Upacara Udik Agus Dwi Wahyudi menjelaskan bahwa kibaran Sang Merah Putih merupakan cerminan perjuangan dan keringat jutaan manusia merdeka di Nusantara. Sebuah tanda lahirnya generasi Perintis Kemerdekaan.

Republik yang merdeka ini diperjuangkan oleh semua komponen, walau gagasan-gagasan utamanya dibentuk dan didorong oleh kaum terdidik.

Semua insan pendidikan bertanggung jawab untuk menuntaskan usaha mencerdaskan kehidupan bangsa. Keterdidikan disebut sebagai kunci penting untuk merebut kemerdekaan, meraih kemajuan bangsa dan membuat bangsa ini lebih dari sekadar sejajar dengan bangsa lain.

Mendikbud juga mengajak para pelajar untuk bekerja keras dari bangku kelas, dan dari kerja tuntas di sekolah.

Pelajar sebagai kaum terdidik mempunyai kesempatan yang sama untuk membuat sejarah.

Pelajar juga merupakan pemilik masa depan yang harus menempa kepribadiannya, berprestasi, menjalin persahabatan dengan teman-teman, hormat kepada orang tua dan guru untuk membawa Indonesia ke puncak kecemerlangan baru.

Upacara bendera yang diikuti oleh seluruh peserta didik, guru dan tenaga kependidikan ini dimulai pukul 7 pagi. Petugas terdiri dari 48 Pasukan Pengibar Bendera yang sehari sebelumnya telah dikukuhkan.