Sebagai sekolah pelaksana Kurikulum 2013, SMAN 1 Jepara tetap akan menyelenggarakan Peminatan mulai kelas 10. Kriteria peminatan didasarkan pada nilai rapor saat SMP/MTs, nilai UN SMP/MTs dan hasil tes peminatan.

Demikian penjelasan Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMAN 1 Jepara Ida Widiyastuti di depan orang tua wali peserta didik baru pada Sosialisasi Peminatan dan Penilaian Kurikulum 2013 yang diadakan di aula sekolah setempat, Sabtu pagi (4/7).

Selain kriteria di atas, peserta didik tetap diberi kesempatan untuk memilih peminatan sesuai yang diinginkannya. Pemilihan peminatan oleh peserta didik dilakukan melalui lembar angket yang disebar saat pengumuman hasil seleksi awal pekan ini.

Pada kesempatan yang sama, Ida juga menjelaskan tentang ciri dan karakter mata pelajaran Umum, Peminatan dan Lintas Kelompok Peminatan yang akan dipelajari peserta didik nantinya.

Kepala SMAN 1 Jepara Udik Agus Dwi Wahyudi mengingatkan kepada orang tua untuk tetap membimbing anak-anaknya agar selama pembelajaran mendapat hasil yang sesuai harapan.

"Kecerdasan dapat dilatih. Yang penting rajin dan disiplin," sambung Udik.

Agenda peserta didik baru selanjutnya adalah mengikuti Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) tanggal 9 hingga 11 Juli 2015. MOPD dilaksanakan pukul 7.30 hingga 12 siang. Seragam yang dikenakan pada 2 hari pertama adalah seragam OSIS SMP/MTs. Sedangkan pada hari terakhir mengenakan seragam khas masing-masing sekolahnya atau Pramuka.

Tes peminatan akan dilaksanakan di hari kedua masuk setelah lebaran, 28 Juli 2015.