Alfi Izza Billa, pelajar kelas 10 SMAN 1 Jepara akan mewakili Jawa Tengah mengikuti Kejuaraan Nasional Woodball dan Woodball Open di Prambanan, Yogyakarta, Sabtu hingga Selasa (13-16/6).

Ia lolos dalam Kejurnas mendatang setelah mengikuti seleksi Kejurda Woodball di Undip, 29 Maret lalu dan meraih Juara 1 ganda putri atau stroke.

Putri pasangan Budi Cahyono dan Ani Rochana ini memulai olahraga Woodball sejak usia 14 tahun atau saat kelas 3 SMP. Pertama kali mengikuti kejuaraan pada tahun 2013 dalam Blora Open Woodball, ia langsung menyabet Juara 1.

Selanjutnya, berturut-turut berbagai kejuaraan dimenangkan olehnya. Di antaranya, Juara 3 Jakarta Open Cup Maret 2014, Juara 1 Monthly Game Stroke Junior, Juara 2 Jateng Open Oktober 2015 dan Juara 2 Jateng Open pada Oktober 2014.

Woodball merupakan olahraga baru semacam golf yang berasal dari Thailand. Semua peralatannya terbuat dari kayu mulai dari stik, bola dan gate. Olahraga ini dimainkan berkelompok yang disebut stroke, perorangan single fairway dan kelas ganda baik putra, putri dan campuran yang disebut double fairway.

Di setiap kejuaraan Woodball, setiap peserta diwajibkan bermain stroke. Meski demikian, tetap diberikan dua pilihan yaitu stroke dan single maupun double.

Sukses ya, Alfi!