SMAN 1 Jepara akan melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2015/2016 sesuai Keputusan Bersama Kepala Disdikpora dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara. Pendaftaran PPDB akan dimulai 22 Juni mendatang.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, PPDB akan dilakukan secara daring (Dalam Jaringan). Lulusan SMP sederajat nantinya dapat memilih maksimal 2 SMA Negeri di Kabupaten Jepara.

Untuk mengikuti proses PPDB, pendaftar harus melakukan pendaftaran terlebih dulu pada situs jepara.siap-ppdb.com dan mencetak Tanda Bukti Pendaftaran (TBP).

Selanjutnya, TBP dibawa pendaftar ke sekolah untuk diverifikasi beserta berkas-berkas lainnya seperti Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN) asli, fotokopi Sertifikat Tamat Belajar (STB) atau Ijazah dan pasfoto 3x4 terbaru 3 lembar.

Pendaftar juga dapat melampirkan fotokopi salah satu bukti prestasi bidang akademik, olahraga, ­kesenian, ketrampilan atau bidang lainnya bagi yang memiliki.

Dalam proses ini pendaftar akan menerima Tanda Bukti Verifikasi Pendaftaran. Tanda bukti ini akan digunakan untuk proses daftar ulang jika pendaftar diterima di sekolah pilihannya, atau digunakan untuk mengambil berkas miliknya apabila tidak diterima.

Seleksi PPDB didasarkan pada peringkat Nilai UN SMP sederajat dengan mempertimbangkan prestasi di bidang olahraga, seni, pengetahuan dan teknologi serta usia pendaftar. Untuk menentukan peringkat, skor pendaftar akan dihitung menggunakan Nilai Akhir dengan rumus 2A+B, di mana A adalah rata-rata nilai UN dan B adalah bonus prestasi.

Tahun ini, pendaftar yang bertempat tinggal satu kecamatan dengan sekolah yang dipilih akan mendapatkan tambahan skor  0,25.

Pendaftaran PPDB akan berakhir 27 Juni 2015. Hasil seleksi PPDB akan diumumkan 30 Juni, dilanjutkan dengan daftar ulang  1-3 Juli dan Masa Orientasi Peserta Didik Baru 6-7 Juli.

Tahun pelajaran 2015/2016 akan dimulai 9 Juli 2015.