Tim SMAN 1 Jepara berhasil meraih Juara Umum dalam Olimpiade Pancasila ke-3 yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Politik dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang, Kamis (28/5).

SMAN 1 Jepara mengirimkan 3 tim Lomba Cerdas Cermat (LCC) yang beranggotakan 9 anak dan tim Orasi Pancasila 2 anak.

Di kategori LCC tahap pertama, diberikan tes tertulis sebanyak 100 butir dan harus diselesaikan dalam waktu 90 menit.

Berdasarkan jumlah poin yang diakumulasikan dari nilai 3 peserta dalam 1 tim, 2 tim SMAN 1 Jepara berhasil lolos babak LCC 12 besar.

Pada babak LCC, 12 tim yang yang lolos terbagi menjadi 4 kelompok yang beranggotakan masing-masing 3 tim. Dalam babak ini, tim SMAN 1 Jepara kembali lolos ke babak final.

Babak final diikuti 4 tim yang lolos. Mereka diberi 15 soal benar-salah dan 15 soal rebutan. Finalis juga diminta menganalisis studi kasus berupa video dan visual dalam waktu 3 menit untuk dipresentasikan.

Hasil terakhir di babak final ini meloloskan 2 tim LCC SMAN 1 Jepara yang masing-masing meraih Juara 2 dan 3.

Di kategori Orasi Pancasila seleksi diadakan dalam beberapa tahap. Seleksi tahap 1 meliputi kesesuaian gagasan dengan sub tema dan isi gagasan orisinil, kreatif, aktual, komprehensif, argumentasi dan analisis.

Tahap 2 diambil 4 peserta dengan kriteria penilaian pada penampilan, cara penyampaian dan kedalaman materi.

Pada babak 3, keempat finalis melakukan uji materi di hadapan tim juri orasi. Hasilnya, Putri Safira Berliana dari SMAN 1 Jepara berhasil menyabet Juara 1 di kategori ini.

Selamat, tim!