Pelepasan dan wisuda kelas 12 Tahun Pelajaran 2014/2015 SMAN 1 Jepara berlangsung sederhana namun khidmat di lapangan sekolah setempat, Selasa (19/5).

Acara yang dimulai sejak pukul 8 pagi hingga 1 siang ini dihadiri oleh  peserta didik dan orang tua wali murid kelas 12, komite sekolah juga guru dan karyawan.

Berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya, tahun ini wisuda kembali diadakan di sekolahan. Dalam sambutannya, Kepala SMAN 1 Jepara Udik Agus Dwi Wahyudi menyampaikan beberapa alasannya.

Di antaranya, hal tersebut bertujuan untuk menambah cinta dan bangga alumni terhadap almamater.

"Agar menambah kesan mendalam karena siswa bertemu dan berpisah di tempat yg sama," ujarnya.

Juga demi efisiensi dalam pengelolaan kegiatan karena tidak perlu mengusung perkakas ke tempat lain.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komite Sekolah Bambang Santoso mengucapkan terima kasih atas bimbingan guru selama ini dan mengembalikan peserta didik ke orang tua wali.

"Learning life together. Raihlah kesuksesan bersama-sama. Contohlah kakak-kakak kelasmu yang telah sukses. Hormati guru-gurumu selalu," pesannya.

Bambang menambahkan agar peserta didik berjuang meraih cita-cita dan terus belajar hingga akhir hayat.

Dalam wisuda tesebut diberikan penghargaan kepada 18 siswa kelas 12 berdasarkan nilai rapor dan nilai Ujian Nasional terbaik.

Untuk jurusan IPA, nilai rapor tertinggi diraih oleh Muhammad Rosyid, Raditya Cahya Pratama dan Siwi Tri Panuntun. Adapun jurusan IPS, nilai rapor tertinggi diraih Verania Ayu Safitri, disusul Sisna Dea Ayuningtyas dan Arif Susmono Aji. Jurusan Bahasa perolehan nilai rapor tertinggi diraih oleh Tamarischa Pradhiasari, Safira Khameawari dan Siti Rofiatul Hanik.

Untuk perolehan nilai tertinggi Ujian Nasional IPA diraih oleh Raditya Cahya Pratama, Arina Zanjabila dan Muhammad Rosyid masing-masing dengan jumlah nilai 524, 519 dan 518,6. Jurusan IPS tertinggi diraih oleh Verania Ayu Safitri, Zumala Laili Nuha dan Janah Setiya Nurul Arifa dengan jumlah nilai 498,4, 497,8 dan 493, 8. Sedangkan nilai UN tertinggi untuk Jurusan Bahasa diraih oleh Safira Khameswari, Tamarischa Pradhiasari dan Ma'ul Husaifah dengan nilai 523,1, 513, 4 dan 512,1.

Pada akhir acara diumumkan para peserta didik yang diterima melalui jalur SNMPTN sebanyak 57 anak.

Tahun ini peserta didik yang diterima di beberapa PTN ternama mengalami peningkatan. Seperti Universitas Gajah Mada yang tahun kemarin hanya 8, tahun ini 11 anak. Universitas Brawijaya tahun ini menerima 9 anak dari 4 anak tahun kemarin.