Pengumuman kelulusan peserta didik SMA Tahun Pelajaran 2014/2015 dilakukan serentak Jum'at (15/5) pukul 15.00. Di SMAN 1 Jepara, penentuan kelulusan dilakukan melalui rapat pleno guru pada pagi harinya.

 

Hasil rapat memutuskan seluruh peserta didik SMAN 1 Jepara yang berjumlah 352 lulus 100 persen karena telah memenuhi kriteria kelulusan, antara lain peserta didik harus lulus Ujian Sekolah dan memiliki nilai sikap minimal baik.


Tahun ini, SMAN 1 Jepara meraih peringkat pertama nilai Ujian Nasional di Kabupaten Jepara untuk program IPA dan Bahasa dengan jumlah nilai rata-rata 426,34 dan 465,65. Sedangkan Program IPS meraih peringkat kedua di kabupaten dengan jumlah nilai 425,07.

Usai pengumuman kelulusan, seluruh peserta didik berkumpul di lapangan sekolah untuk melakukan sujud syukur bersama. Mereka juga melakukan doa bersama untuk Lucky Himawan, karyawan sekolah yang meninggal dunia tiga hari sebelumnya.

Seperti tahun-sebelumnya, peserta didik juga mengekspresikan rasa syukur atas lulusnya mereka dengan bersepeda keliling kota.

Kepala SMAN 1 Jepara Udik Agus Dwi Wahyudi menyampaikan apresiasinya atas cara-cara merayakan kelulusan dengan santun, sederhana dan terhormat.

"(Merayakan kelulusan dengan bersepeda) itu keren. Yang corat-coret seragam, itu tidak keren," kata Udik dalam sambutannya pada apel pemberangkatan.

Apel pemberangkatan juga dihadiri Kasatlantas Polres Jepara AKP Andhika yang memimpin Deklarasi Aksi Pelopor Keselamatan Tertib Berlalu Lintas.

Aksi bersepeda keliling kota yang diberi tajuk "Gowes Kelulusan 2015" ini mengambil rute sepanjang kota Jepara. Aksi diakhiri dengan kegiatan Bakti Sosial dengan membagi-bagikan alat tulis kepada anak-anak di perkampungan nelayan Ujungbatu, Jepara.