Ujian Nasional (UN) Tahun 2015 untuk jenjang SMA akan dimulai Senin depan (13/4). Di SMAN 1 Jepara, para siswa kelas 12 memanfaatkan hari terakhir mereka masuk sekolah Sabtu pagi (11/4) dengan berkumpul dan berorasi di lapangan sekolah. Orasi dilakukan usai apel pagi dalam rangka mempersiapkan UN.

Meskipun UN tidak menentukan kelulusan lagi, mereka tetap menganggap UN masih perlu karena akan digunakan sebagai pertimbangan dalam SNMPTN.

Dalam orasinya, Dzul Fikri Liulin Nuha, yang juga bertugas sebagai penggagas acara mengajak teman-temannya agar melaksanakan UN dengan jujur.

"Do it yourself! UN itu untuk mengukur kemampuan kita!", tegas Dzul.

Dzul juga mengajak untuk mempersiapkan UN dengan sebaik-baiknya dan selalu berdoa. Ia juga meminta agar selalu mengingat almamater, terutama pada guru-guru yang telah memberikan ilmu serta doa yang tiada putus-putusnya kepada mereka.

Orasi diakhiri dengan menyanyikan Mars SMAN 1 Jepara dan Terima kasih Guruku.

Naskah UN Siap

Sementara itu, seluruh naskah soal UN untuk wilayah Jepara kota siang ini sudah datang di SMAN 1 Jepara untuk disimpan hingga hari pelaksanaan UN nanti. SMAN 1 Jepara ditunjuk sebagai koordinator sub rayon untuk 21 sekolah, meliputi 7 SMA dan 14 MA. Nantinya, naskah soal akan diambil oleh petugas dari tiap sekolah pada pagi hari sebelum UN dimulai.