Ujian Sekolah (US) jenjang SMA di Kabupaten Jepara akan dimulai Senin besok (16/3). US yang akan berlangsung hingga 24 Maret ini sebenarnya maju satu minggu dari rencana semula. Hal ini berkaitan dengan batas waktu pengiriman Nilai Sekolah ke Kabupaten yang berakhir tanggal 1 April 2015.

Hal ini disampaikan oleh Waka Kurikulum SMAN 1 Jepara Ida Widiyastuti saat rapat pleno persiapan US, Sabtu (14/3). Hasil US ini akan digunakan untuk menentukan kelulusan peserta didik.

Dalam Permendikbud Nomor 5 Tahun 2015 dan Prosedur Operasional Standar (POS) UN Tahun Pelajaran 2014/2015 disebutkan bahwa peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan setelah menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik dan lulus Ujian Sekolah.

Peserta didik dinyatakan lulus Ujian Sekolah apabila telah memenuhi kriteria kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan Nilai Sekolah. Sedangkan Nilai Sekolah diperoleh dari penggabungan antara nilai US dengan bobot sebesar 30 hingga 50 persen dan nilai rata-rata rapor semester 3, 4 dan 5 dengan bobot 50 hingga 70 persen.

Rapat akhirnya menyepakati bobot nilai US sebesar 40 persen dan rata-rata nilai rapor 60 persen. Menurut Kepala SMAN 1 Jepara Udik Agus Dwi Wahyudi, kesepakatan ini diambil demi memberi penghargaan untuk capaian nilai 3 semester yang dimiliki peserta didik dan 40 persen persebaran materi yang mencerminkan kompetensi dasar yang telah ditempuh.