SMAN 1 Jepara akan memulai program Remedial Teaching bagi peserta didik kelas 10 dan 11, Senin (16/2) mendatang. Remedial Teaching merupakan program jam belajar tambahan bagi peserta didik yang berada pada 10 peringkat terbawah di kelas masing-masing.

Data peringkat didapat dari hasil ulangan umum yang dikumpulkan guru Bimbingan dan Konseling.

Kegiatan yang melibatkan bidang kerja kurikulum, wali kelas, guru mata pelajaran dan guru Bimbingan Konseling ini bertujuan untuk membantu peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Peserta program ini akan menambah jam belajar mata pelajaran peminatan .

Guru yang terlibat dalam program ini akan mengumpulkan informasi kesulitan belajar yang dialami peserta didik. Mereka akan dibantu dengan penjelasan materi-materi yang dianggap sulit. Peserta didik diberi soal-soal agar lebih memahami dan mengukur tingkat pemahaman materi.

Rencananya, Remedial Teaching akan diselenggarakan dalam 2 periode. Periode pertama dilaksanakan tanggal 16-26 Februari mulai pukul 14.00 hingga 15:30. Sedangkan periode kedua dijadwalkan setelah Ulangan Tengah Semester Maret mendatang.

"Yang pasti ini wujud tanggung jawab sekolah untuk membantu peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, " ujar Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Ida Widiyastuti saat dihubungi melalui Messenger.

Program ini juga bertujuan untuk membantu meningkatkan prestasi akademis peserta didik.

"Terutama di mata pelajaran peminatan. Sebab kalau peserta didik tidak tuntas 1 mapel saja, dia diwajibkan mengulang kelas," pungkasnya.