Pembinaan peserta persiapan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMAN 1 Jepara 2015 berakhir dan ditutup pada Kamis sore (29/1) di Ruang Multimedia.

Kegiatan yang melibatkan 77 peserta kelas 10 dan 11 dengan masing-masing pembina dan tim pengajar Astana Ilmu dari Jakarta ini telah berlangsung selama 5 hari sejak Minggu (24/1). Setiap hari peserta dikelompokkan sesuai mata uji OSN dan berlatih di ruang-ruang kelas sekolah setempat sejak pukul 8 pagi hingga lima sore.

Pada sambutannya tim pengajar menyampaikan kiat-kiat agar sukses mengikuti OSN, di antaranya agar peserta banyak membaca dan berlatih soal-soal sebelum lomba.

"Jangan lupa makan coklat sebelum lomba," ujar Mei Rusfandi, salah satu pengajar menambahkan kiatnya.

Tim pengajar mengatakan bahwa sebenarnya soal-soal yang diujikan di OSN seperti halnya ulangan harian. Namun tingkat kesulitannya dinaikkan sedikit.

Pandu, peserta mata pelajaran Kimia, memberikan kesannya saat acara penutupan. Ia merasa otak seperti dipalu-palu dengan banyak ilmu yg didapatkan selama 5 hari ini. Namun hal ini disyukurinya karena sebanding dengan banyaknya manfaat yang didapat.

Sains identik dengan ingin tahu. Keingintahuan akan mendorong seeorang untuk maju. Prestasi akan tercipta saat persiapan, kesempatan dan kemenangan bertemu.

Tetap semangat, semua adalah pemenang.