Pendidikan kepramukaan yang harus dilaksanakan bagi sekolah penyelenggara Kurikulum 2013 sebenarnya hanya memiliki satu tujuan utama, yaitu membentuk kepribadian peserta didik menjadi lebih baik. 

Demikian disampaikan Kepala SMAN 1 Jepara Udik Agus Dwi Wahyudi dalam Upacara Pembukaan Pendidikan Kepramukaan pada Jum'at siang (9/11). Menurutnya, sekolah berkewajiban membuat peserta didik tidak merasa terpaksa mengikuti ekstrakurikuler wajib ini. Untuk itu, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan harus menarik sehingga peserta didik akan sukarela mengikuti kegiatan yang rutin diadakan tiap minggunya.

Pelaksanaan kepramukaan di sekolah akan dilaksanakan dalam 3 model, yaitu model blok, aktualisasi dan reguler. Model blok harus diikuti oleh seluruh peserta didik dan dilaksanakan pada awal tahun pelajaran. Bentuk kegiatannya biasanya berupa Perkemahan Sabtu Minggu atau Persami.

Model aktualisasi juga harus diikuti oleh setiap peserta didik dan dilaksanakan secara rutin setiap Jum'at sore. Sedangkan model reguler  hanya terbatas diikuti peserta didik yang ingin mendalami kepramukaan dan dilaksanakan setiap Sabtu.

"Pendidikan kepramukaan tidak berbeda dengan Pramuka yang sejak dulu dilaksanakan, namun kali ini lebih ditekankan pada pembentukan karakter, membuat gembira dan humanis," ujar Wakil Kepala bidang Kurikulum SMAN 1 Jepara Ida Widyastuti.

Bagi peserta didik yang tidak berangkat tetap harus menyertakan surat ijin dari orang tua atau wali kepada pembina.

"Konsekuensi bagi yang tidak masuk tanpa keterangan tentu akan berpengaruh pada nilai sikap di Rapor nanti," tandas koordinator kegiatan kepramukaan ini.

Pendidikan kepramukaan yang baru dilaksanakan pertama ini dirasakan berbeda dengan Pramuka yang telah dilaksanakan sebelumnya. Yulia Andriyani, salah satu peserta didik mengaku bila kegiatan ini seru dan membuat gembira.

"Seru karena nggak ada bentak-bentakkan. Kami berdiskusi di kelas dan bikin yel-yel. Waktunya juga cuma sebentar, dari jam dua siang sampai setengah empat sore saja," ujarnya.

Pramuka itu seru, kan? Salam Pramuka!