Guru dari SMAN 1 Jepara, Maria Yekiana, berhasil lolos sebagai kandidat peraih Science Education Award (SEA) 2014 yang diselenggarakan oleh Indonesian Toray Science Foundation (ITSF). Babak akhir untuk menentukan pemenang penghargaan ini akan dilaksanakan di Jakarta, 10 hingga 11 Desember depan.

Ia lolos bersama 15 kandidat lainnya atas penelitiannya yang berjudul "Lagu Konsep dan Pemanfaatan Buah Tanjung Sebagai Model Elektron untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Materi Struktur Atom".

Penelitian yang ia lakukan dilatarbelakangi oleh hobinya menyanyi. Guru Kimia ini pernah membaca hasil penelitian bahwa peserta didik hanya memiliki ingatan 10 menit di awal materi, setelahnya mereka akan hilang konsentrasi.

“Saya terbiasa dan suka bernyanyi bersama peserta didik di kelas. Hal itu sangat membantu konsentrasi dan motivasi belajar mereka,” ujar pembina ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja SMAN 1 Jepara ini.

Menurutnya, model atom yang abstrak yang dituangkan dalam lagu terbukti mampu meningkatkan ingatan siswa tentang materi tersebut. Buah tanjung yang mudah ditemukan di sekolahnya ia jadikan sebagai model elektron. Tujuannya untuk membangun keharmonisan antara sains dan lingkungan dengan didukung penerapan teknologi sederhana hasil fermentasi buah tanjung.

Lagu konsep tentang model atom ini pernah menyabet Juara I pada Simposium Model Pembelajaran Berbahasa Inggris Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Semarang tahun 2010 lalu. Sebelumnya, ia melakukan penelitian bersama anak didiknya tentang buah tanjung sebagai penghasil Etanol.

SEA merupakan penghargaan bagi pendidik yang telah memberikan kontribusi kreatif dan inovatif untuk pendidikan sains yang efektif di sekolah-sekolah menengah atas di Indonesia. Pemenang penghargaan ini akan mendapatkan hadiah masing-masing 25 juta.