Pandu Laksono Mukti dan Sharah Marcherie terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMAN 1 Jepara Periode 2014/2015 dalam Pemilihan Ketua OSIS yag berlangsung Jum’at (3/10). Mereka berdua unggul atas rival-rivalnya dengan perolehan sebanyak 513 dan 414 suara. Calon Ketua yang mendapat suara terbanyak kedua juga otomatis menempati jabatan Wakil Ketua.

Untuk Calon Ketua yang lain, Faizatur Rifqiyah dan Nur Fatimah masing-masing mendapat 285 dan 110 suara. Sedangkan Calon Wakil Ketua Jessica Aprillia Putri Gumilar dan Dhika Oktavianita Cahya Wulan mendapat 260 dan 234 suara. Suara tidak sah mencapai 192 suara. 

Pemilihan dilakukan dengan memilih 1 Ketua dari kelas 11 dan 1 Wakil Ketua dari kandidat kelas 10. Suara dianggap sah apabila pemilih mencoblos Ketua dan Wakilnya. Jika hanya memilih salah satu dari Ketua atau Wakil Ketua, suara tidak sah.
 
Proses penghitungan suara diawali dengan pembacaan aturan tentang suara sah dan tidak sah oleh Panitia. Setelah mendapat persetujuan para saksi yang diwakili oleh ketua kelas masing-masing, Panitia melanjutkan dengan penghitungan suara yang memakan waktu kurang lebih 1 jam.

Proses seleksi Pemilihan Ketua OSIS sendiri dilaksanakan melalui 4 tahap yang dimulai sejak 23 September lalu. Keempat tahapan itu meliputi tes tertulis, wawancara dengan Pengurus Harian OSIS, wawancara dengan Pejabat Kesiswaan Sekolah dan wawancara dengan Kepala Sekolah.

Rencananya, Pelantikan Ketua OSIS terpilih beserta pengurus lengkap akan dilaksanakan Senin, 20 Oktober 2014.