Jum’at, 1 Agustus kemarin, SMAN 1 Jepara genap berusia 51 tahun. Tidak ada perayaan fisik yang terlihat di lingkungan sekolah, terlebih dalam suasana libur lebaran. Perayaan justru dilakukan oleh pengguna media sosial Twitter. Ribuan cuit warga digital itu datang dari siswa, alumni dan masyarakat melalui tagar #smansara51th sejak pukul 00.00 1 Agustus hingga 2 hari berikutnya.

Salah satu cuit ditulis oleh Muhammad Idrus, alumni SMAN 1 Jepara yang sedang melanjutkan studi S3 di Jepang. Melalui akun @djackidrus, ia menuliskan, “Selamat menempuh umur baru. Semoga jaya selalu! Tetap semangat menebar bibit-bibit kebaikan #smansara51th”

Ada lagi cuit dari akun @diondaru yang menuliskan, “Tua itu relatif, namun dewasa untuk menghadapi persaingan dan menjadi yang terbaik terus kalian buktikan. Happy birthday #smansara51th”

Tagar yang berhasil masuk Trending Topic selama 2 hari ini juga diramaikan oleh Florentina, siswa kelas 10 baru melalui akun @florentina_wk menuliskan yang serupa, “Walau aku baru menjadi bagianmu tahun ini, tapi aku akan mengukir kenangan yang indah dan prestasi untukmu @InfoSmansara.”

Ucapan dan harapan untuk ulang tahun SMA juga disampaikan Bupati Jepara Ahmad Marzuki. Melalui kanal video di Youtube, orang nomor satu di Jepara ini mendoakan agar SMAN 1 Jepara selalu diberikan jalan yang baik selama-lamanya dan sukses mengantarkan anak-anak bangsa menjadi orang-orang yang berhasil.

Nita Septianita, salah seorang alumni yang berprofesi sebagai polwan juga turut meramaikan ulang tahun melalui video. Nita berpesan agar pelajar harus selalu menghormati  guru, belajar yang rajin dan mematuhi peraturan yang ada.

Video ucapan ulang tahun dapat dilihat di tautan ini.

Selamat Ulang Tahun ke-51, Smansaraku :)