Gebyar Kreasi Apresiasi dan Ekspresi Seni (Gekaes) Tahun 2014 pelajar SMAN 1 Jepara sudah mulai digelar. Judul dan Tema yang diusung tahun ini adalah “Pelukis Negeri” dan “Fusion of Expressions”, yang menggambarkan gabungan ekspresi khas remaja dalam pelaksanaan Gekaes.

Di samping itu, Gekaes yang sudah mencapai gelaran ke-18 ini juga bertujuan untuk mengembangkan bakat dan menanamkan sikap menghargai budaya yang beragam.

Menurut Ketua Panitia Abid Fikri Nurrohman, rangkaian kegiatan Gekaes ini sebenarnya sudah berlangsung sejak Mei kemarin.

Berbagai lomba juga diadakan untuk meramaikan kegiatan tahunan pelajar SMAN 1 Jepara ini. Mei kemarin telah diawali dengan Lomba Fotografi Pelajar SMA/SMK/MA dan Liga Futsal Pelajar SMA/SMK/MA. Lalu disusul Lomba Dai Cilik SD/MI dan Lomba Marawis SMP/MTs.

Setelah lebaran nanti akan dilangsungkan Liga Band antar Pelajar SMP, SMA/SMK/MA, Lomba Baca Puisi Pelajar SMP/MTs, Liga Basket Pelajar SMA/SMK/MA dan Lomba Marching Band SD/MI & SMP/MTs. Pentas Teater Biassukma akan diselenggarakan 6 September, sedangkan Jalan Sehat dilangsungkan pada 10 September 2014.

Sebagai puncak acara, Pentas Seni Gekaes akan digelar tanggal 15 September 2014.

Gekaes merupakan acara tahunan pelajar SMAN 1 Jepara untuk memperingati ulang tahun sekolah yang jatuh tiap 1 Agustus. Pentas Seni Gekaes yang biasanya menampilkan bintang tamu terkenal merupakan acara yang paling ditunggu-tunggu para siswa maupun alumninya.