Apel Pembukaan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) SMAN 1 Jepara telah dilangsungkan Senin pagi (15/6). Apel yang berlangsung di lapangan sekolah setempat dan  diikuti oleh seluruh peserta didik, guru dan karyawan ini sekaligus sebagai Pembukaan Tahun Pelajaran 2014/2015.

Kepala SMAN 1 Jepara Edi Prayitno yang bertugas sebagai Pembina Apel menyampaikan tentang perlunya kemampuan mengatur diri sendiri sebagai bekal kesuksesan pelajar.

“Jadikan masa SMA itu sebagai awal untuk mandiri, pandai mengatur diri sendiri,” katanya.

Pelajar yang sukses dan berprestasi dihasilkan dari mereka yang memiliki keinginan diri sendiri untuk maju, tanpa merepotkan orang lain.

Dalam kesempatan itu Kepala Sekolah juga menyinggung tentang proses penetapan Peminatan yang sedang berlangsung. Ia meminta agar peserta didik baru menerima apapun Peminatan yang akan mereka terima nanti.

“Berbeda dengan model penjurusan, di Peminatan nanti semuanya akan belajar mata pelajaran yang ada di peminatan lainnya melalui mata pelajaran Lintas Minat,” lanjutnya.

Apel ditutup dengan penyampaian informasi tentang Program Ramadhan yang akan berlangsung hari Kamis hingga Sabtu minggu ini dan himbauan untuk menyalurkan zakat fitrah kepada Panitia Amil Zakat Remaja Masjid Al-Wahyu SMAN 1 Jepara.

MODP akan berlangsung selama 2 hari hingga 15 Juli 2014 dan diisi materi tentang pengenalan sekolah, cara belajar serta peminatan dan penilaian di Kurikulum 2013. MODP harus berlangsung dalam suasana menyenangkan dan meniadakan kekerasan dalam bentuk apapun.