Proses pemilihan peminatan akademik SMAN 1 Jepara hingga saat ini masih berlangsung. Untuk membuka form peminatan, peserta didik baru cukup memasukkan nomor pendaftaran melalui laman ppdb.sman1jepara.sch.id/peminatan.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Ida Widiyastuti mengharapkan peserta didik baru segera mengisi form peminatan yang telah disediakan. Pengisian form peminatan akan ditutup tanggal 9 Juli 2014 atau sehari sebelum Daftar Ulang peserta didik baru.

Jika masih ada yang belum memilih hingga tenggat waktu berakhir, sekolah akan menentukan peminatan peserta didik sendiri dengan tetap mempertimbangkan hasil tes psikologi, nilai rapor dan nilai UN.

Peserta didik sebaiknya memilih peminatan dan mata pelajaran kelompok lintas peminatan sesuai kemampuan akademiknya. Pemilihan peminatan juga harus melibatkan saran dan pertimbangan orang tua peserta didik.

Sejak dimulai pada tahun pelajaran 2013/2014, Kurikulum 2013 tidak lagi menggunakan sistem penjurusan, melainkan peminatan yang dimulai sejak kelas X. Peminatan yang disediakan meliputi pilihan Matematika dan Ilmu Alam (MIA), Ilmu-ilmu Sosial (IS) dan Ilmu Bahasa dan Budaya (IBB)

Berbeda dengan penjurusan yang hanya mendasarkan nilai, peminatan lebih mengedepankan keinginan atau minat peserta didik. Meskipun dalam penetapannya tetap mempertimbangkan berbagai norma, di antaranya nilai rapor, nilai UN dan  hasil tes psikologi.

Di SMAN 1 Jepara, tes psikologi peserta didik baru akan dilaksanakan tanggal 14 Juli 2014. Sekolah juga akan mengadakan sosialisasi peminatan ini kepada orang tua peserta didik pada hari Selasa, 8 Juli mendatang.