Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2014/2015 telah dimulai Senin kemarin (23/6). Hingga penutupan di hari pertama pukul 2 siang, pendaftar di SMAN 1 Jepara yang telah melakukan verifikasi mencapai 290 orang.

Di pendaftaran hari pertama kemarin juga muncul beberapa pertanyaan dari pendaftar maupun orang tua. Misalnya tentang syarat melampirkan Surat Keterangan Sehat atau Surat Dokter dari Puskesmas.

Ketua Panitia PPDB SMAN 1 Jepara Busri Isma’il menegaskan bahwa pendaftar yang memilih SMA tidak perlu melampirkan Surat Dokter. Informasi yang menyebutkan harus melampirkan syarat itu baik yang ada di tautan PPDB Web SMA, Twitter maupun Kanal BBM juga telah dihapus.

Jadi, pendaftar yang baru akan melakukan pendaftaran di hari kedua dan seterusnya tidak perlu melampirkan Surat Dokter ini.

Salah Rumus

Di hari pertama kemarin juga sempat terjadi kesalahan rumus penentuan Nilai Akhir (NA). Saat bukti pendaftaran maupun bukti verfikasi pendaftaran dicetak, NA yang muncul tidak sesuai rumus yang telah ditetapkan sebelumnya, yaitu 2xA+B. “A” adalah rata-rata Nilai Ujian Nasional (UN) SMP/MTs, sedangkan “B” adalah poin yang diperoleh dari piagam prestasi.

Namun, kesalahan tampilan rumus ini sudah diperbaiki menjelang penutupan kemarin. Tampilan statistika di laman pendaftaran PPDB juga sudah tampak perubahannya.