Sebanyak 76 siswa lulusan SMAN 1 Jepara berhasil diterima dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 yang diumumkan sejak Selasa siang (27/5). Jumlah ini meningkat 2 kali lipat lebih dibanding hasil seleksi 2 tahun sebelumnya.

Tahun lalu, lulusan yang diterima SNMPTN sebanyak 37 siswa. Sedangkan pada tahun 2012 sebanyak 23 siswa. Daftar lulusan SMAN 1 Jepara yang diterima di SNMPTN 2014 dapat dilihat pada tautan ini.

Menurut Petugas Bagian Seleksi Masuk Perguruan Tinggi SMAN 1 Jepara Zaenal Arief, SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya. Peserta yang mendaftar SNMPTN dari SMAN 1 Jepara berjumlah 322 dari total 341 siswa kelas 12.

Zaenal berharap, bagi siswa yang dinyatakan diterima, agar segera mengakses situs Perguruan Tinggi tujuan untuk mendapatkan informasi mengenai verifikasi data akademik sebagai tahapan yang harus dilalui setelah pengumuman ini.

Ia juga menghimbau bagi yang tidak diterima dalam SNMPTN ini agar memanfaatkan pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) secara kolektif yang difasilitasi oleh sekolah.

Kepala SMAN 1 Jepara Edi Prayitno melalui pesan singkatnya berpesan agar semua lulusan yang diterima SNMPTN mempersiapkan diri untuk tahapan-tahapan selanjutnya dengan baik.

“Jangan lupa untuk selalu tetap belajar dan berdo’a, agar tercapai apa yang dicita-citakan,” katanya.

Andraine Arkenzi, lulusan kelas 12 Bahasa yang diterima di Sastra Perancis Universitas Gadjah Mada (UGM), awalnya tidak menyangka akan keberhasilannya dalam SNMPTN ini.

“Tapi seneng banget. Akhirnya bisa bikin bangga semua orang, terutama orang tua,” katanya.

Hal yang sama juga dirasakan Farisa Puspita, lulusan kelas 12 IPS2 yang diterima di Fakultas Ilmu Ekonomi UGM. Ia mengaku tidak bisa berkata-kata karena keberhasilannya ini.

“Rasanya amazing, speechless, senang dan terharu bercampur menjadi satu,” katanya dengan penuh kebahagiaan.

Selamat untuk semuanya ya :)