Rabu kemarin (21/5) seharusnya menjadi hari yang membahagiakan bagi seluruh siswa kelas 12 SMAN 1 Jepara karena mereka resmi dilepas sebagai alumni di sekolah yang telah dijalani selama 3 tahun terakhir. Bahkan sehari sebelumnya, mereka juga telah merayakan kelulusan dengan bersepeda keliling kota.


Namun, kebahagiaan 2 hari itu tidak dialami sama sekali oleh Faisal Abdul Ra’uf, siswa kelas 12 IPA3. Jam 10 tadi malam, ia menghembuskan nafas terakhirnya di RSUP Dr. Kariadi Semarang setelah mengalami sakit selama 3 minggu. Faisal sakit beberapa hari setelah menempuh Ujian Nasional tingkat SMA tahun ini.

Ucapan duka dari rekan-rekannya pun langsung bertebaran di media sosial. Bahkan di Blackberry Messenger (BBM) banyak yang mengganti Display Picture (DP) dengan foto Faisal.

Di Twitter, rekan sekelasnya, Rifqi Zuliansyah melalui akunnya @RifqiZuliansyah menuliskan, Makasih Sal udah membuat hari-hariku berwarna, udah nemenin aku ngidol meski sesaat. Makasih jg uda sering ingetin sholat duha. Akun @AnggarAdhi juga menuliskan ucapan serupa, “Innalillahi. Bahagia disana @SayaRauf. Kau tetap jadi teman tiada akhir bro. Tunggu kita di surga.”

Faisal sendiri merupakan anak yang hobi touring dan mendaki gunung. Salah satu rekan yang sehobi dengannya menuliskan cuitnya melalui akun @nur_abdil, “Bosku @SayaRauf sorry banget yoan rung iso ngancani munggah Merbabu. Sorry banget semoga tenang, diberi tempat terbaik oleh allah. Kowe koncoku.”

Salah seorang sahabat dekatnya, Zainud Diza, memiliki kesan tersendiri terhadap Faisal. Ia menilai almarhum sebagai sosok yang tabah, kuat dan selalu menilai sesuatu dengan positif.

“Kamu memberi kebahagiaan pada setiap orang yang ada di sekitarmu, sampai-sampai kita tidak percaya akan kepergianmu,” kata Diza melalui BBM.

Selamat jalan Faisal, semoga kamu tenang di surga.