SMAN 1 Jepara kembali menempatkan siswinya dalam Tim Indonesia di ajang lomba peneliti muda tingkat Internasional. Adalah Krisetya Ayunina, siswi kelas 12, bersama 7 orang peneliti muda Indonesia lainnya, akan mewakili Indonesia di International Conference of Young Scientist (ICYS) 2014 tanggal 19 hingga 24 April mendatang.

Dalam lomba yang akan dilangsungkan di Belgrade, Serbia itu, Nina, panggilan akrabnya, akan mempresentasikan penelitiannya yang berjudul “Reviews on the Effectiveness of Certain Ropes Type and Length toward the Reduction of Fruits Bat's  Rejecta Pellets” atau mengurangi sepah kalong dengan menggunakan media tali.
 
Penelitian itu berawal saat ia ke rumah temannya yang penuh dengan sepah kalong. Mitos yang ia dengar di daerah tersebut, kalong dapat diusir dengan menggunakan tali. Hal inilah yang membuatnya tertarik melakuan penelitian.

Eksperimen pun dilakukannya dengan bimbingan Maria Yekiana, salah seorang guru pembimbing KIR di SMAN 1 Jepara. Dalam eksperimennya, ia menggunakan jenis tali yang dibedakan logam dengan non logam dan ukuran tali yang dibuat 1, 2 dan 3 meter untuk menentukan variabel penelitian.

Hasil yang efektif diperoleh pada tali yang panjangnya 3 meter dan benang kasur.

Selanjutnya, ia dengan dibantu pembimbing Tim Indonesia dari Surya Institute menganalisa hasil eksperimen tersebut dan memperoleh kesimpulan jika pada panjang tertentu tali menghasilkan getaran yang berbeda dan diterima oleh kalong sehingga mereka menjauh dari media yang digunakan.