Ujian Sekolah (US) untuk jenjang SMA se-Kabupaten Jepara akan diselenggarakan mulai Selasa besok (18/3), hingga 25 Maret mendatang. Di SMAN 1 Jepara, US akan diikuti sebanyak 341 peserta didik kelas 12.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMAN 1 Jepara Ida Widiyastuti menjelaskan, naskah soal US sebagian besar disediakan oleh tim yang ditunjuk oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Jepara. SMAN 1 Jepara hanya membuat untuk beberapa mata pelajaran saja.

US kali ini akan menempati ruang kelas sebanyak 19 lokal. Selama US, siswa kelas 10 dan 11 diharapkan belajar di rumah masing-masing.
 
Menurut panitia US Vika Fitrianasari, peserta US juga diharapkan menyiapkan alat tulis lengkap, termasuk pensil 2B. Ini karena lembar jawab yang akan digunakan adalah Lembar Jawab Komputer (LJK).

Ujian Sekolah merupakan salah satu syarat kelulusan peserta didik. Nilai yang diperoleh dari US nantinya akan diambil sebesar 30 persen untuk Nilai Sekolah. Sisanya, 70 persen akan diambil dari rata-rata nilai rapor semester 3 hingga semester 5. Nilai Sekolah sendiri akan menyumbang 40 persen penentuan Nilai Akhir kelulusan. Sisa sebesar 60 persen diambil dari Nilai Ujian Nasional.