Jadwal Ujian Sekolah (US) untuk jenjang SMA se-Kabupaten Jepara dimajukan menjadi tanggal 18 hingga 25 Maret 2014. Ini berarti sudah ketiga kalinya jadwal US mengalami perubahan. 

Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Jepara bidang Kurikulum Ida Widiyastuti menjelaskan, meskipun beberapa naskah soal dibuat oleh sekolah sendiri, namun untuk jadwal pelaksanaan tetap mengacu edaran yang diterbitkan oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Jepara.

Perubahan jadwal US ini secara otomatis menyebabkan jadwal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di tiap sekolah mengalami penyesuaian.

“Positifnya, jeda waktu bagi peserta didik kelas 12 untuk mempersiapkan Ujian Nasional menjadi lebih banyak,” jelas Ida.

Seperti diketahui, Ujian Nasional (UN) akan berlangsung tanggal 14 hingga 16 April 2014.

Namun, peserta didik kelas 12 hampir tidak memiliki jeda waktu istirahat setelah sebelumnya, 3 Maret hingga 13 Maret 2014, mengikuti Ujian Tengah Semester Genap dan Pra Ujian Nasional.

Nilai US nantinya akan diambil sebesar 30 persen untuk Nilai Sekolah. Sisanya, 70 persen akan diambil dari rata-rata nilai rapor semester 3 hingga semester 5. Nilai Sekolah sendiri akan menyumbang 40 persen penentuan Nilai Akhir kelulusan. Sisa sebesar 60 persen diambil dari Nilai Ujian Nasional.