Rini Marliya akhirnya meraih Juara 2 Lomba Artikel Parade Cinta Tanah Air (PCTA) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan RI (14/11).


Siswi kelas 11 SMAN 1 Jepara ini menyisihkan 34 peserta lain yang merupakan perwakilan pemenang lomba serupa dari tiap propinsi di Indonesia.

Penilaian dilakukan melalui 2 tahap. Hari pertama menulis artikel selama 4 jam sehingga terjamin orisinalitasnya. Hari kedua presentasi dan wawancara dengan juri.

Rini mengambil tema Cintai tanah air dari keseluruhan tema lomba, "Tingkatkan prestasi, cintai tanah air dan bentuk karaktermu".

"Artikel yang saya tulis bisa mencakup semua tema", jelas Rini.

PCTA merupakan program dari Kementerian Pertahanan yang bersinergi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Dalam Negeri dan  Kementerian Pemuda dan Olah Raga. Sebelum babak grand final di Jakarta, ajang serupa juga akan diselenggarakan di 34 provinsi di seluruh tanah air, termasuk Kalimantan Utara.

Di tingkat provinsi peserta lomba diskusi diikuti maksimal 30 sekolah. Tiap sekolah diwakili oleh maksimal 4 tim yang terdiri dari tiga orang.

Melalui kegiatan PCTA ini, Kementerian Pertahanan berupaya menanamkan dan meningkatkan jiwa cinta tanah air serta bela negara kepada pelajar SMA se-Indonesia. Ajang ini menyuguhkan kompetisi diskusi dan penulisan artikel mengenai bela negara.

Selamat ya, Rin!