Rini Marliya, siswi SMAN 1 Jepara, akan mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam babak grand final Lomba Menulis Artikel Parade Cinta Tanah Air (PCTA) Tingkat Nasional di Jakarta, 12 hingga 16 November 2013.

Rini berhasil melaju ke babak grand final setelah menyisihkan 37 peserta lainnya dalam lomba yang sama di tingkat provinsi.

Dalam artikelnya yang berjudul "Wajib Militer Untuk Negaraku", Rini menuliskan bahwa Wajib Militer (Wamil) tidak melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

PCTA merupakan program dari Kementerian Pertahanan yang bersinergi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Dalam Negeri dan  Kementerian Pemuda dan Olah Raga. Sebelum babak grand final di Jakarta, ajang serupa juga akan diselenggarakan di 34 provinsi di seluruh tanah air, termasuk Kalimantan Utara.

Di tingkat provinsi peserta lomba diskusi diikuti maksimal 30 sekolah. Tiap sekolah diwakili oleh maksimal 4 tim yang terdiri dari tiga orang.

Melalui kegiatan PCTA ini, Kementerian Pertahanan berupaya menanamkan dan meningkatkan jiwa cinta tanah air serta bela negara kepada pelajar SMA se-Indonesia. Ajang ini menyuguhkan kompetisi diskusi dan penulisan artikel mengenai bela negara.

Selain Juara I untuk kategori artikel, di kegiatan PCTA ini SMAN 1 Jepara mendapatkan Juara 3 untuk kategori diskusi yang telah dilaksanakan 17 September yang lalu.

Semoga sukses, Rini!