Wawancara hanya salah satu dari banyak cara mendapatkan berita. Sumber berita bisa didapat dari membaca tulisan, mendengar dan mengamati peristiwa.

Hal tersebut disampaikan Wartawan Suara Merdeka Muhammadun Sanomae dalam Workshop Jurnalistik Online SmansaraDotCom di SMAN 1 Jepara, Sabtu (9/10).

“Sebelum wawancara dengan nara sumber, jurnalis harus kuasai materi dulu. Fokus. Agar saat wawancara tidak ngobrol kemana-mana” lanjut Kepala Biro Suara Merdeka Jepara ini.

Selain itu, jurnalis juga harus memiliki ketepatan dan cara untuk bertanya.

Menurut Ketua Panitia Dinar Ayu Larasati, tujuan workshop untuk membekali calon jurnalis SmansaraDotCom dengan pengetahuan jurnalistik dasar sebelum mereka benar-benar terjun sebagai jurnalis. Workshop berlangsung selama 2 hari dan diikuti 35 peserta dari 23 ekstrakurikuler di sekolah setempat.

SmansaraDotCom sendiri merupakan portal berita online yang dikelola pelajar SMAN 1 Jepara. Portal ini melengkapi situs resmi sman1jepara.sch.id yang dikelola pihak sekolah.

2 Hari 4 Kegiatan

Pada hari yang sama juga berlangsung kegiatan ekstrakurikuler lainnya, Workshop Teater Biassukma, perayaan Dies Natalis Saspalsara ke-18 dan Ulang Tahun Passus Brata ke-23.

Sukses semuanya, Kaak. Semoga bermanfaat.