Tim Karya Tulis Ilmiah (KTI) SMAN 1 Jepara kembali menyumbangkan medali. Kali ini, mereka sumbangkan melalui Lomba Peneliti Belia There-Sima se-Jawa Tengah 2013 yang diadakan di SMK Theresiana Semarang tanggal 26-27 Oktober lalu.

Lomba Peneliti Belia (LPB) merupakan ajang seleksi peneliti muda terbaik Jawa Tengah yang akan dikirimkan dalam ajang Young Scientists Competition (YSC). Kriteria penilaian lomba meliputi kreativitas, keunikan dan keilmiahan karya tulis yang dihasilkan.

Dalam lomba tersebut, SMAN 1 Jepara mengirimkan 5 kelompok. Setelah melalui tahap seleksi pameran poster, 4 kelompok berhasil masuk final.

Dari final tersebut, 3 tim berhasil mendapatkan masing-masing medali emas, perak dan perunggu.

Ketiga tim yang menang ini akan mewakili Jawa Tengah di lomba serupa tingkat nasional tanggal 15-16 November 2013 di Yogyakarta.

Krisetya Ayunina, salah satu anggota tim, berharap dapat melaju ke tingkat Asia Pasifik melalui APCYS (Asia-Pacific Conference of Young Scientists) di Taiwan atau tingkat Internasional melalui ICYS (International Conference of Young Scientists) yang diselenggarakan di Ukraina tahun depan.

Sementara itu, SMAN 1 Jepara juga mengirimkan salah satu siswanya, Muhammad Rifqi Zuliyansyah, mengikuti Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI).

OPSI berlangsung tanggal 21-27 Oktober 2013 di Plaza Kemdikbud Jakarta, diikuti oleh 204 peserta SMA se-Indonesia

Bidang penelitian yang dilombakan meliputi sains dasar yang terdiri dari matematika, fisika, kimia dan biologi; sains terapan yang terdiri dari elektronika, pertanian, kesehatan, lingkungan, informatika; dan IPS/humaniora yang terdiri dari ekonomi, bahasa, psikologi atau pendidikan, sejarah, budaya dan humaniora.

Kepala SMAN 1 Jepara Edi Prayitno berpesan agar selalu mengobarkan semangat untuk menang. "Buktikan kalau kita memang The First and The Best!" tulisnya melalui pesan singkat.