autumn1.jpgautumn2.jpg

Home

SMAN 1 Jepara Merintis Komunitas Bloger Pelajar

Di era social media saat ini, kemampuan menulis yang baik mutlak diperlukan bagi para pelajar. Dengan menulis mereka akan terbiasa berbagi ide dan pikiran kepada orang lain. Menulis juga dapat membantu mereka saat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi nantinya.

Motivasi untuk menulis tersebut menjadi kata kunci acara Smansara BLOGoes2School yang diselenggarakan OSIS SMAN 1 Jepara tanggal 18-19 Februari lalu di Ruang Multimedia sekolah setempat. Acara yang dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah Drs. Gunawan tersebut dihadiri oleh 70 pelajar.

Di acara tersebut, para peserta mendapatkan materi-materi pelatihan menulis melalui blog antara lain Motivasi Menulis di Blog, Memulai membuat Blog & Menulis di Blog, Menghias Blog, Tips Menjadi Blogger Spesialis dan Komunitas Blogger Pelajar dari Online ke Offline.

“Pelajar harus memanfaatkan media digital seperti blog untuk hal-hal yang positif, seperti menulis atau memposting hasil karya seperti fotografi atau karya-karya seni digital lainnya,” kata guru pendamping M. Elfin Noor yang didampingi ketua panitia Ayong Tiko Wiratama saat menjelaskan tujuan diselenggarakannya acara ini.

“Kami juga memfasilitasi anak-anak yang ingin membuat Komunitas Bloger Pelajar sebagai wadah mereka yang memiliki semangat dan inspirasi kuat dalam dunia blog,” lanjutnya.

Acara yang baru pertama kali diselenggarakan di SMAN 1 Jepara ini mendatangkan fasilitator dari Semarang dan Yogyakarta yang tergabung dalam komunitas bloger Loenpia.net.

“Pelatihan blog ini diharapan dapat mewujudkan minat pelajar dalam menulis,” ujar Koordinator Lapangan Loenpia.Net Mujiburrokhman. “Respon peserta bagus, kritis dan rajin update blognya. Itu yang membuat kami tertantang memberikan materi di pelatihan ini,” lanjut Mujib yang juga menjadi salah satu penyiar radio online Loenpia yang beralamat di http://radio.loenpia.net ini.

Antusiasme peserta di acara ini memang terlihat saat memberikan banyak pertanyaan seputar blog. Mereka merasakan manfaat materi yang disampaikan oleh para fasilitator.

“Peserta diberikan tips-tips agar tidak sembarangan menulis di blog. Harus ada tema yang jelas dan spesifik. Juga harus menggunakan alamat blog yang unik dan mudah diingat,” kata salah satu peserta Meilinda Dyah.

Di sesi akhir pelatihan, peserta diberikan materi singkat tentang Search Engine Optimization (SEO) agar blog-blog yang telah dibuat dapat ditemukan dengan mudah.


Joomla templates by a4joomla